Sejarah Sekretariat Komisi Informasi

Unit Pelaksana Teknis Daerah Keterbukaan Informasi (UPTD  KI) adalah salah satu UPTD yang beroperasi dibawah Dinas Komunikasi, Informatika dan Statistik (Diskominfotik) Provinsi Lampung. Secara legal formal, Diskominfotik dibentuk berdasarkan Peraturan Daerah Provinsi Lampung  Nomor 8 Tahun 2016 tentang Pembentukan dan Susunan Perangkat Daerah Provinsi Lampung dan pembentukan UPTD KI berdasarkan  Peraturan Gubernur Lampung Nomor 3 Tahun 2017 tanggal 1 Februari 2017 tentang Pembentukan, Organisasi dan Tata Kerja Unit Pelaksana Teknis Dinas Pada Dinas Daerah Provinsi Lampung.

 

secara nomenklatur, pembentukan UPTD KI berdasarkan Peraturan Gubernur Nomor 3 Tahun 2017 ini merupakan UPTD baru, namun secara operasional sebenarnya urusan pemerintahan yang terkait dengan fungsi Komisi Informasi sebagai lembaga yang malakukan tugas dalam hal penyelesaian sengketa informasi sudah dilaksanakan oleh Pemerintah Provinsi sejak tahun 2011. Sebelum terbentuknya UPTD KI tahun 2017 ini, penyelenggaraan urusan pemerintahan terkait dengan fungsi Komisi Informasi mengalami beberapa dinamika. Tahun 2011, penyelenggaraan urusan terkait fungsi Komisi Informasi ditangani oleh Bidang Aplikasi Telematika Dinas Kominfo Provinsi Lampung dan Tahun 2015 diselenggarakan oleh Sekretariat Dinas Kominfo Provinsi Lampung berdasarkan Peraturan Gubernur Nomor 66 Tahun 2015 tentang Sekretariat Non Struktural Komisi Informasi Provinsi Lampung. Sejalan dengan restrukturisasi kelembagaan perangkat daerah, maka dibentuklah UPTD baru yang diberi nama UPTD KI, sehingga UPTD ini memiliki kedudukan langsung secara koordinasi dengan Kepala Diskominfotik.

 

Dengan demikian, secara bertahap kelembagaan ini mengalami dinamika dari waktu ke waktu dan terakhir resmi menjadi UPTD sesuai Peraturan Gubernur Lampung Nomor 3 Tahun 2017 dengan level eselon III sebagai level eselon tertinggi yang ditandai pelantikan pejabat pada 10 Februari 2017.