KI Gelar Bimtek PPID Desa/Kelurahan se-Lampung

  • Dipublikasikan : Jumat, 04 Agustus 2017
  • Oleh : Admin

Komisi Informasi (KI) Lampung mengadakan Bimbingan Teknis (Bimtek) Pejabat Pengelola Informasi dan Dokumentasi (PPID) Desa/Kelurahan se-Lampung. Bimtek berlangsung di Ruang Abung Balai Keratun, kompleks Pemprov Lampung, beberapa waktu lalu.

Kepala Badan Pengawasan Keuangan dan Pembangunan (BPKP) Lampung Sally Salamah yang menjadi narasumber mengatakan, pada era sekarang, posisi desa sangat seksi dengan lahirnya UU Desa karena digelontorkannya dana yang besar. Tapi, tidak dibarengi dengan kemampuan dan kapasitas aparatur desa dalam mengelolanya. “Keterbatasan ini akan timbul masalah hukum bagi aparatur desa,” kata Sally dalam surat elektronik yang diterima duajurai.co, kemarin.


Ketua KI Lampung Dery Hendryan menyatakan, UU 14/2008 tentang Keterbukaan Informasi Publik (KIP) adalah keniscayaan dalam era transparansi badan publik. Spirit KIP untuk melahirkan open governance pada setiap denyut badan publik sampai di level paling bawah. “(Terkait hal itu), desa/kelurahan sebagai ujung tombak pelayanan pemerintahan sangat strategis pada era UU Nomor 6 Tahun 2014 tentang Desa,” ujarnya.


Sementara itu, komisioner KI Lampung As’ad berpandangan bahwa membangun open governance bisa dimulai dari desa/kelurahan. “Sebab, desa/kelurahan merupakan ujung tombak pelayanan publik,” kata dia.(*)

sumber : http://duajurai.co